Kubah masjid merupakan bagian terpenting yang ada di masjid. Dengan adanya kubah, tampilan masjid terlihat lebih menarik dan memiliki nilai keindahan tersendiri. Namun, seiring dengan perkembangannya zama, kubah tak lagi dianggap hanya sebagai penanda untuk masjid saja, tak sedikit dengan keberadaan kubah, membuat masjid kerap kali juga dijadikan sebagai objek wisata dengan keindahan dan nuansa kubahnya.
Kubah sendiri juga bermacam – macam bahannya. Salah satu bahan yang banyak digunakan saat ini ada kubah tembaga. Kubah masjid dari tembaga digadang – gadang menjadi kubah yang memiliki kualitas baik dan juga tahan lama. Kini, tak sulit lagi untuk bisa menemukan kubah tembaga mengingat memang kubah tembaga merupakan kubah yang paling banyak digunakan saat ini.

Namun, hal ini berbeda dengan jenis kubah. Kubah masjid mungkin sama – sama dibuat dengan bahan tembaga, namun untuk bentuk dan jenis tentunya berbeda. Maka dari itu, kali ini Saya ingin membahas mengenai jenis – jenis kubah yang dapat dibuat dari tembaga. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!
Kubah Masjid Bentuk Oval / Telur
Pertama, jenis kubah masjid yang bisa dibuat dari bahan tembaga adalah kubah masjid bentuk oval atau telur. Benar saja, kubah ini memang didesain sedemikian rupa agar membentuk oval atau bisa dikatakan memiliki bentuk yang seperti telur dengan sudut pandang horizontal. Nah, biasanya penggunaan kubah masjid ini tidak bisa digunakan untuk bangunan utama masjid yang luas karena bentuk kubah masjid ini didesain dengan bentuk meninggi, bukan melebar. Akan lebih cocok jika kubah jenis ini digunakan untuk kubah – kubah kecil pada tiang – tiang masjid. Atau mungkin masjid yang tidak terlalu besar dan memiliki Menara ditengah bangunan masjid. Untuk Anda yang penasaran, Anda bisa kok menemukan kubah seperti ini, biasanya sering di jumpai di bangunan – bangunan tua, khususnya di Rococo Barok.
Kubah Masjid Bentuk Bawang
Kedua, jenis kubah masjid dari tembaga yang bisa diaplikasikan adalah kedalam bentuk bawang. Kubah masjid dengan bentuk bawang ini merupakan jenis kubah masjid yang sedikit mirip dengan bentuk kubah masjid oval / telur. Hanya saja untuk kubah masjid bawang ini memang terlihat seperti bawang merah. Dimana pada bagian bawahnya terlihat agak bantet dan melebar sedangkan makin keatas makin menguncup dan bentuknya pun mengecil. Kubah bawang ini banyak juga, lho digunakan di beberapa masjid – masjid besar yang ada di Indonesia. Namun, akan lebih banyak lagi jika Anda pergi ke gereja – gereja ortodoks yang ada di negara Rusia. Sebab, pemandangan kubah bawang ini akan semakin mudah Anda temukan.
Kubah Masjid Bentuk Bulat
Ketiga, ada lagi bentuk kubah masjid yang membulat. Kubah masjid ini cenderung berbentuk bulat seperti bola namun hanya setengahnya saja. Namun pada bagian dalamnya bentuknya aak memanjang dan lebih meruncing seperti model bentuk umbi – umbian yang ada tunasnya. Untuk kubah seperti ini banyak digunakan di Indonesia dan luar negeri. Untuk di Indonesia sendiri dapat mudah ditemui di masjid – masjid kecil yang Anda jumpai di sekitar Anda. Sedangkan di luar negeri dapat Anda temukan pada bangunan taj mahal yang ada di India. Masjid dengan kubah seperti ini pada awalnya berada di Mesir. Sehingga jika Anda ke Mesir Anda akan dengan mudah menemukannya.
Kubah Masjid Bentuk Parabolic
Terakhir, ada lagi kubah masjid bentuk parabolic. Bentuknya mirip dengan bentuk sebelumnya hanya saja lebih terlihat seperti kurva parabolic. Kibah seperti ini cenderung berbentuk oval namun dalam sudut pandang miring sehingga dapat digunakan untuk masjid – masjid dengan bangunan yang lebar. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan jenis kubah masjid ini. Biasanya kubah ini hanya ditemukan pada beberapa bangunan tua yang ada di kawasan Tattinu.
Nah, itu dia beberapa informasi mengenai jenis – jenis kubah yang bisa dibuat dengan bahan tembaga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda dalam mengetahui jenis – jenis kubah masjid ya! Selamat mencoba!
BACA JUGA :   Kontraktor Eksterior Masjid, Info oleh Pengrajin di Boyolali